Aspek-aspek akuntansi dan keuangan perusahaan mau pun institusi nirlaba terlalu penting untuk sepenuhnya diserahkan semata-mata kepada para manajer spesialis akuntansi dan keuangan. Para Manajer Non-Keuangan perlu memahami konsep-konsep dasar akuntansi dan keuangan, termasuk kemahiran dalam memanfaatkan laporan-laporan neraca, laba rugi dan arus kas untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan unit atau bagian yang dipimpinnya.
Melalui pemahaman konsep-konsep akuntansi dan keuangan, serta kemahiran di dalam memanfaatkan konsep-konsep tersebut di dalam pengelolaan unit atau bagian yang dipimpinnya, maka diharapkan terdapat keselarasan bahasa di antara para manajer – baik keuangan mau pun non-keuangan – yang pada gilirannya akan menghasilkan sinergi yang memberikan nilai tambah signifikan bagi pencapaian tujuan perusahaan atau institusi nirlaba terkait.
Topik-topik pelatihan akan meliputi prinsip-prinsip penyusunan laporan keuangan – yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi dan laporan arus kas, teknik-teknik dasar analisa laporan keuangan, analisa dan pengendalian biaya, sumber dan biaya permodalan, serta analisa kelayakan investasi.