Supervisi adalah serangkaian kegiatan untuk memastikan bahwa mutu yang diharapkan dalam proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi memenuhi standar yang telah ditentukan. Supervisi merupakan salah satu strategi untuk memastikan bahwa seluruh langkah pada proses penyelenggaraan dan semua komponen hasil yang dicapai memenuhi target. Kegiatan supervisi bukan mencari kesalahan tetapi lebih banyak mengandung unsur pembinaan, agar kondisi pekerjaan yang sedang disupervisi dapat diketahui kekurangannya – dan bukan kesalahannya semata – untuk dapat diperbaiki.
Pelatihan manajemen supervisi secara umum berusaha untuk membekali peserta dengan pengetahuan tentang fungsi dan perannya sebagai supervisor, dan apa kontribusinya bagi organisasi, sehingga harapan perusahaan yang ada di pundak supervisor dapat diwujudkan. Adapun sasaran dari pelatihan ini adalah mengerti dan menyadari fungsi dan peranan mereka sebagai supervisor dalam hubungan dengan Manajemen maupun kelompok kerja mereka, mampu membangun perilaku dan kepribadian positif, memahami prinsip-prinsip menghadapi masalah supervisi bawahan serta individual, memiliki dasar-dasar kepemimpinan yang baik untuk mengembangkan bawahan sehingga dapat berprestasi secara baik, memahami berbagai konsep yang terdapat dalam manajemen supervisi, memahami pola pikir dan teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.