Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia. UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian bangsa sehingga diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan daya saing bangsa, pertumbuhan ekonomi, pengurangan kemiskinan, dan peningkatan standar hidup penduduk Indonesia. Oleh karena berbagai kendala yang ada, umumnya UMKM mengabaikan pencatatan transaksi-transaksi bisnis yang dilakukannya. Padahal pencatatan transaksi usaha secara rutin dan berdisiplin sangat penting untuk keperluan penyusunan laporan keuangan. Dimana laporan keuangan itu sendiri merupakan informasi yang penting untuk keperluan pengelolaan dan peningkatan kinerja UMKM.
Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan UMKM ditujukan untuk para pelaku usaha kecil menengah. Materi pelatihan dirancang untuk membantu para peserta agar dapat menganalisis transaksi bisnis, melakukan pencatatan transaksi ke dalam jurnal sampai dengan penyelesaian siklus akuntansi untuk perusahaan perseorangan yang bergerak di bidangĀ jasa dan dagang. Aplikasikasi penyelesaian siklus akuntansi dilakukan secara manual dengan menggunakan bantuan excel atau pembukuan fisik sederhana. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pelatihan adalah praktek langsung sehingga memudahkan peserta untuk membuat laporan keuangan perusahaan.