Lingkungan usaha yang semakin kompleks, dinamis dan kompetitif menuntut perusahaan untuk semakin siap merespon perubahan-perubahan dalam lingkungan usaha di mana perusahaan beroperasi, baik domestik, regional, mau pun global. Perencanaan stratejik yang baik dapat membantu manajemen perusahaan merespon perubahan-perubahan yang terjadi, baik perubahan yang memberikan peluang bisnis mau pun yang memberikan hambatan atau ancaman terhadap profitabilitas dan keberlangsungan perusahaan.
Pelatihan Penyusunan Rencana Stratejik ditujukan untuk para manajer senior dan eksekutif perusahaan, dan materi pelatihan dirancang tidak saja untuk untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya perencanaan stratejik untuk peningkatan profitabilitas, daya saing dan keberlangsungan perusahaan yang dipimpinnya, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan kemahiran praktik dalam menyusun rencana stratejik yang sesuai dengan misi, visi dan tujuan perusahaan.
Topik pelatihan akan meliputi aspek-aspek: (i) misi dan visi perusahaan, (ii) core values perusahaan, (iii) sasaran-sasaran umum, (iv) analisa SWOT, (v) target market, (vi) strategi-strategi bernilai tambah, (vii) program-program kerja funsional, (viii) proyeksi dan analisa keuangan, (ix) strategic performance scorecards, dan (x) implementasi.